a)
Engine
ditinjau dari jumlah silindernya
Bila ditinjau dari
jumlah silindernya ada
engine dengan silinder satu, dua, tiga, empat, enam,
delapan dan seterusnya.
Gambar.
Engine silinder 1
Gambar. Engine bersilinder 4
b)
Engine
ditinjau dari susunan silindernya
Bila
ditinjau dari susunan silindernya engine terbagi menjadi beberapa Tipe yaitu:
tipe in-line, tipe V dan tipe horizontal berlawanan.
Gambar. Engine tipe
Horizontal berlawanan
c)
Engine ditinjau dari penempatan mekanisme katupnya
Bila ditinjau dari mekanisme katupnya engine dibagi
menjadi: tipe Over Head Valve (OHV), tipe Over Head Cam shaft
(OHC) dan tipe
Double Over Head Cam
shaft (DOHC).
Gambar.
Mekanisme katup tipe Over Head Valve (OHV)
Gambar. Mekanisme katup tipe
Over Head Cam shaft (OHC)
Gambar. Mekanisme katup tipe Double Over Head Cam shaft (DOHC)
d)
Engine bila ditinjau dari penggerak mekanik katupnya
Bila ditinjau dari penggerak mekanik katupnya: dengan
penggerak roda gigi, timing chain dan
timing belt. Perhatikan gambar-gambar
Gambar. Mekanik katup dengan
penggerak roda gigi (timing gear)
Gambar.
Mekanik katup dengan penggerak timing chain
Gambar. Mekanik katup
dengan penggerak timing belt
e)
Engine bila ditinjau dari penggunaan bahan bakarnya
Bila ditinjau dari penggunaan bahan bakarnya engine
dibagi: Engine gasoline (motor
bensin), engine diesel, engine cerosine (motor minyak tanah) dan
engine LPG. Untuk keperluan kendaraan motor bensin dan disel relatif lebih
banyak digunakan.
Gambar. Engine
Gasoline (motor bensin)
Gambar. Engine Diesel (motor disel)