Motor/engine
/mesin adalah suatu alat yang merubah tenaga panas, listrik, air dan sebagainya menjadi tenaga mekanik.
Sedang motor yang merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik
disebut motor bakar. Motor bakar
dibagi menjadi motor
pembakaran dalam (internal
combustion chamber) dan motor pembakaran luar (eksternal combustion
chamber). Sedang motor bensin
dan disel termasuk motor pembakaran dalam
karena tenaga panas dihasilkan di dalam motor itu sendiri. Bila ditinjau
dari langkah (Stroke)
pada proses pembakarannya, motor yang berkembang saat ini
ada motor 2 langkah dan motor 4 langkah. Dan yang dimaksud langkah
(Stroke) adalah seperti berikut ini :
TDC = Top Death Center atau Titik Mati Atas (TMA)
BDC = Bottom Death Centre atau Titik Mati Bawah (TMB)
Titik mati atas
adalah batasan maksimal gerakan
piston ke atas, sedang titik mati bawah adalah batasan maksimal gerakan piston
ke bawah.
a) Prinsip
Kerja motor bensin 2 langkah
Langkah kompresi,buang dan penghisapan:
Pada langkah ini
piston 6 bergerak dari TMB ke TMA, di atas piston terjadi tekanan sehingga
ketika piston belum menutup saluran buang 2, gas sisa pembakaran akan mengalir
ke saluran buang dan ketika piston
menutup saluran buang, di dalam ruang bakar 5
terjadi kompresi. di bawah piston terjadi penghisapan, campuran bahan
bakar dan udara masuk ke ruang engkol 9,
melalui saluran pemasukan 1 .
Langkah
usaha, pemasukan dan buang:
Beberapa derajat
sebelum piston mencapai TMA busi 4 meloncatkan api sehingga terjadi pembakaran,
tenaga pembakaran akan mendorong piston ke bawah dan
melalui connecting rod 7 tenaga
tersebut dikirim menjadi tenaga mekanik pada crank shaft 8. Di bawah
piston terjadi tekanan. Pada saat
saluran buang terbuka
dan saluran pemasukan tertutup,
pemasukan campuran baru ke ruang bakar sekaligus mendorong gas
bekas keluar melalui saluran buang. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar
berikut:
b) Prinsip
kerja motor bensin 4 langkah
Langkah hisap:
Piston bergerak dari TMA ke TMB, katup masuk
membuka, campuran bahan bakar
dan udara masuk
ke ruang bakar, katup buang
menutup.
Langkah kompresi:
Piston
bergerak dari TMB ke
TMA, katup masuk
dan katup buang
tertutup, campuran bahan
bakar dan udara dikompresikan dengan tekanan antara 9 Kg/cm2
-12 Kg/cm2.
Langkah usaha:
Beberapa derajad sebelum TMA busi
meloncatkan api akan terjadilah pembakaran. Tenaga pembakaran kan
mendorong piston dari TMA ke TMB, tenaga tersebut akan dikirim
oleh connecting rod menjadi tenaga putar pada crank shaft.dan pada saat
ini kedua katup dalam keadaan tertutup.
Langkah buang:
Piston bergerak dari TMB ke TMA, katup masuk
menutup dan katup buang membuka, gas sisa pembakaran akan terdorong keluar
melalui saluran buang. Untuk
lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:
c) Prinsip
kerja motor disel 2 langkah
Langkah usaha
dan pemasukan:
Pada saat tejadi pembakaran di ruang
bakar,tenaga panas akan mendorong
piston dari TMA ke TMB, tenaga tersebut oleh
connecting rod dikirim ke crank
shaft menjadi tenaga putar. Pada saat ini saluran buang tertutup
(A). Pada saat
piston melewati lubang-lubang pemasukan pada didnding
silinder, maka terjadilah pemasukan udara murni ke dalam silinder, saluran
buang terbuka (B).
Langkah buang dan
kompresi:
Piston bergerak dari TMB ke TMA. Karena saluran
buang terbuka, maka udara murni
akan mendorong gas bekas keluar dari
silinder menuju saluran buang
selama saluran buang membuka (B). Pada
saat saluran buang mulai menutup terjadilah
pengkompresian udara murni
di atas piston dengan tekanan
antara 16 Kg/cm2 – 22 Kg/cm2, dan beberapa derajad
sebelum piston mencapai TMA, bahan bakar disemprotkan ke
dalam silinder sehingga
terjadilah pembakaran (C). Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut :
d) Prinsip
kerja motor disel 4 langkah
Langkah hisap:
Piston bergerak dari TMA ke TMB, katup masuk
membuka dan katup buang menutup, udara
murni masuk ke ruang bakar (A).
Langkah kompresi:
Piston
bergerak dari TMB ke TMA, katup
masuk dan buang menutup, udara murni di ruang bakar terkompresikan (B).
Langkah usaha:
Beberapa
derajad sebelum TMA, bahan bakar disemprotkan ke
ruang bakar, sehingga terjadi
pembakaran.Tenaga pembakaran akan
mendorong piston dari TMA ke TMB,
dan melalui connecting
rod tenaga tersebut
dirubah menjadi tenaga putar pada
crank shaft (C).
Langkah
buang:
Piston bergerak dari TMB ke TMA, katup masuk tertutup dan katup buang
membuka. Pada saat ini gas
sisa pembakaran akan terdorong keluar
dari silinder ke saluran pembuangan (D)
Lucky 15 Casino - JTM Hub
Lucky 15 Casino in Joliet, Illinois has been running its operation since 서귀포 출장안마 January 충주 출장마사지 2019. The casino features more than 600 안성 출장샵 slot and video poker 계룡 출장안마 games. Rating: 4 · Review 사천 출장샵 by Jayesh J